jump to navigation

Profesi Sampingan yang Cocok untuk Pendaki August 19, 2008

Posted by superwid in Jalan.
trackback

Sekian lama saya bergaul dengan anak-anak yang punya hobi naik gunung, saya bisa membuat kesimpulan mengenai beberapa profesi yang bisa dijadikan pekerjaan sambilan bagi para pendaki gunung. Ini tentunya berkaitan dengan skill individu dari beberapa pendaki yang saya kenal. Ini sebagian profesinya.

PENULIS
Pendaki-pendaki yang banyak menyendiri dan merenung selama naik gunung mempunyai potensi yang cukup besar untuk menuliskan pengalamannya dalam bentuk puisi ataupun catatan perjalanan. Dengan jam, kertas dan pulpen di setiap tempat selalu saja menulis apa yang sedang dikerjakan. Tapi kok tidak pernah ada yang menulis pantun ya? Pendaki yang romantis, menulis puisi yang puitis untuk merayu gadis-gadis 😀

TUKANG BABAT ALAS
Bagi para pendaki yang sering membuat jalur-jalur baru, mungkin profesi pembabat alas cocok. Atau membabat alas tebu saja, yang tidak merusak lingkungan. Senjatanya berupa golok besar dan gergaji. Pendaki yang pemberani.

KULI ANGKUT
Berkaitan dengan pendaki yang sering membawa kerir sebesar menhir dan dolmen. Dengan kemampuan mengangkat beban berat saat melakukan pendakian, profesi kuli angkut sangat tepat. Selain mendapat upah, bisa juga membentuk otot-otot tubuh. Pendaki yang kuat dan tangguh.

TUKANG MASAK
Kebanyakan pendaki punya keahlian dalam hal memasak. Dari yang paling sederhana (mi+sarden) sampai yang paling aneh (sayur asem+ikan asin). Dari bahan-bahan yang sederhana bisa menghasilkan makanan yang aneh dan kandungan gizinya patut dipertanyakan. Makanan yang jarang ditemui di kehidupan normal. Tukang masak juga biasanya merangkap menjadi tukang cuci piring, jadilah profesi di dapur merupakan profesi yang sesuai. Pendaki yang penuh fantasi.

FOTOGRAFER/CAMERAMAN
Buat pendaki dengan kamera dan handycam yang selalu standby di tangannya, profesi ini merupakan profesi yang cocok.  Kadang harus rela mencari posisi yang sulit untuk mendapatkan jepretan foro atau angle yang menarik. Pendaki yang penuh imajinasi.

TUKANG SAMPAH
Bagi para pendaki yang senang mengumpulkan sampah sepanjang perjalanan, dinas kebersihan pasti akan menampung anda dan menjadikan anda sebagai salah satu pegawai tetapnya. Dengan jam terbang yang tinggi dan daya jelajah yang sangat luas, kemampuannya pasti tidak diragukan lagi dalam menjaga kebersihan. Pendaki yang rajin.

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: