jump to navigation

Andai Ku Seorang Pujangga March 23, 2009

Posted by superwid in Konfrensi Pers.
trackback

Biasanya orang yang suka membaca akan suka menulis. Apa yang ditulis biasanya sesuai dengan apa yang dibacanya. Kalau suka membaca puisi maka yang ditulis kemungkinan besar adalah puisi, pantun, esai dan yang sejenisnya. Kalau suka membaca novel maka kemungkinan besar yang ditulis adalah cerpen, novel dan semacamnya. Kalau suka membaca sms, pastilah yang sering ditulis adalah sms balasannya.

Sejak duduk di bangku sekolah menengah saya sudah sering membaca berbagai buku. Buku-buku sastra semacam Siti Nurbaya-nya Marah Rusli, Salah Asuhan-nya Abdoel Muis, Harimau-Harimau-nya Muchtar Lubis sudah khatam saya baca. Kebetulan di sekolah saya dulu buku-buku semacam itu banyak tersedia di perpustakaan, bahkan untuk judul yang sama kadang tersedia sampai tiga buku. Saya salah satu peminjam tetap buku-buku dengan kategori Sastra Indonesia. Ada unsur keterpaksaan juga saya membaca buku-buku semacam itu, soalnya kalau mau membaca buku-buku karya R.L. Stine atau Hilman Hariwijaya kadang mesti ngantri dulu. Apalagi stok bukunya juga cuma satu untuk tiap judul.

Namun saat duduk di bangku sekolah menengah atas kebiasaan itu berubah. Berada di jurusan IPA membuat saya lebih sering terpaksa membaca buku-buku sains dan berbagai buku ilmiah lain yang tentunya menunjang pendidikan saya. Meskipun begitu sesekali saya masih suka membaca buku sastra, dengan intensitas yang jauh berkurang tentunya.

Meskipun saya mengambil jurusan IPA, pelajaran Sastra Indonesia tetap ada.

Comments»

1. pdparamitha - March 23, 2009

huahahahahaha…edrun!!!
koyone karir anda bukan menjadi pujangga, tapi jadi pelawak!!!

Tunggu buku saya naik cetak, sebuah antologi puisi.. Yang hanya dalam mimpi

2. afia - March 25, 2009

weih, ternyata km rajin pas sekolah menengah atas….
kok bedo…he..he..

Salahkan teman-teman saya, termasuk Anda

3. joesatch yang legendaris - March 25, 2009

…maka pastilah kamu pujangga tanpa solusi

Saya punya solusi untuk masalah ini, saya mutung saja. Tapi tidak ada gunanya..


Leave a Reply

