jump to navigation

Web dan Idwebhost February 20, 2011

Posted by superwid in Konfrensi Pers.
trackback

Sebelumnya tidak pernah terpikir bagi saya untuk mengambil jurusan komputer selepas menyelesaikan pendidikan di sekolah. Tadinya saya lebih memilih untuk belajar tentang ilmu batu-batuan atau ilmu minyak. Nampaknya belajar tentang batu atau minyak lebih menyenangkan karena kerja di lapangan lebih bebas daripada pekerja rumahan. Namun apa daya, garis tangan menjerumuskan saya masuk ke jurusan komputer sains dibandingkan masuk jurusan teknik.

Padahal sewaktu masa SMA, di kala teman-teman sudah punya akun friendster, saya masih mainan solitaire. Sementara saat teman-teman sudah mulai belajar programming web, saya masih belajar mengoperasikan program untuk mengetik.

Tapi toh tidak ada salahnya terlambat belajar daripada tidak pernah sama sekali.

Namun kenyataannya saya belajar pemrograman web baru tiga tahun setelah saya masuk bangku kuliah. Tapi ya tadi, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Dan perkenalan dengan dunia web dimulai sekitar awal tahun 2007. Ternyata butuh waktu lama untuk beradaptasi dari orang lapangan ke orang rumahan.

Waktu itu, bersama teman-teman, ada proyek membuat website suatu NGO dalam rangka program rehabilitasi pasca gempa. Kami harus mengurus pembuatan web tersebut mulai dari desain awal sampai siap di akses orang awam. Saat itu saya benar-benar blank dalam dunia web. Saya cuma tau sedikit tentang pemrograman web : php dan html. Beruntung saat itu ada CMS dan seorang teman yang ahli dalam pemrograman web. Jadilah saya lumayan belajar banyak tentang web saat itu meskipun dalam kenyataannya lebih banyak berkutat dalam desain web.

Kemudian setelah web tersebut selesai, tugas berikutnya adalah membuatnya bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun. Baru kali itu saya dengar tentang istilah domain dan hosting. Sebelumnya tidak pernah ada dalam otak saya istilah domain dan hosting. Sejenis istilah asing saja. Sebagai orang yang tidak tau, saya merasa berkepentingan untuk tau.

“Hosting ibarat lapak toko dan domain adalah namanya. Bisa saja kamu punya hosting tapi tidak punya domain dan sebaliknya. Tapi jika kamu punya hosting saja maka orang-orang akan kesulitan mencari alamat tokomu. Dan jika kamu punya domain saja,. maka kamu akan bingung meletakkan barang daganganmu,” kata seorang teman.

Perkenalan saya dengan idwebhost dimulai saat itu. Ketika kami harus membuat web itu bisa diakses via internet. Kami harus menyewa hosting dan domain, pilihan kami adalah idwebhost. Alasan kami saat itu di samping harganya yang bersaing juga karena kantornya yang relatif dekat dengan rumah. Jadi apabila ada masalah, mudah untuk minta bantuan. Maklum, saat itu akses internet masih terbatas sehingga susah untuk minta bantuan lewat dunia maya.

Dan memang tidak ada masalah saat itu. Semua lancar sentosa.

Sekali waktu, saya pernah mencoba vendor lain karena harga yang ditawarkan lebih murah. Namun ternyata peribahasa “ono rego ono rupo” benar adanya.

Server sering down dan traffic yang sering penuh walau pengaksesnya sedikit. Saat meminta penjelasan dari CS-nya tidak mendapatkan penjelasan yang memuaskan. Cukup sekali itu saya berpaling.

Kemudian di tahun 2009, saya menjadi panitia salah satu kegiatan yang berskala nasional dengan jumlah peserta yang relatif besar. Salah satu tim sponsorship bekerjasama dengan idwebhost dalam menyediakan hosting dan domain. Tadinya sempat ada ketakutan akan traffic yang besar yang bisa mengakibatkan server down sehingga web tidak bisa diakses. Padahal web ini merupakan ujung tombak kami untuk mendapatkan peserta.

Kekhawatiran kami tidak terwujud. Traffic-nya lancar-lancar saja, menunjukkan idwebhost sebagai webhosting tangguh, hanya saja ada beberapa waktu server down namun bisa dihitung dengan jari dalam rentang waktu setahun. Tentu saja kami komplain dan pelayanan yang diberikan cukup memuaskan. Meskipun server-nya butuh waktu untuk kembali up, namun CS dengan sabar menangani keluhan user. Sebagai pelanggan kami merasa di-manusiakan.

Sampai sekarang kerjasama itu masih berlanjut meskipun sekarang bukan dalam bentuk kerjasama sponsorship tapi dalam bentuk client dan vendor. Dengan kualitas server dan harga yang ditawarkan, hubungan kerjasama ini sepertinya akan berlanjut seterusnya. Masalah lama, yakni server down sudah tidak pernah terjadi. Bukti nyata idwebhost sebagai hosting terbaik dengan domain murah.

Dan belum ada setahun yang lalu, mengingat rekam jejaknya yang memuaskan, saya menyewa hosting dan domain untuk blog pribadi di superwid.com. Pelayanannya sangat memuaskan. Tidak perlu membandingkan lagi dengan yang lain. Bahkan saya tidak perlu menyambangi kantor idwebhost. Cukup tanya-tanya online dan transfer via atm, voila.. Jadilah superwid.com dalam sepuluh menit. Ditambah lagi dengan fitur fantastico, dalam selemparan batu jadilah blog pribadi blog.superwid.com.

Setiap ada info-info penting selalu ada pemberitahuan via email. Termasuk lomba ini.

Sekarang jika ada teman yang bertanya, apa itu domain dan hosting, maka saya akan menjawab dengan penjelasan yang sama.

“Hosting ibarat lapak toko dan domain adalah namanya. Bisa saja kamu punya hosting tapi tidak punya domain dan sebaliknya. Tapi jika kamu punya hosting saja maka orang-orang akan kesulitan mencari tokomu. Dan jika kamu punya domain saja, maka kamu akan bingung meletakkan barang daganganmu.”

Dan apabila ada yang bertanya, dimana tempat sewa hosting berkualitas dan domain murah yang jelas terpercaya, maka akan saya katakan idwebhost solusinya.

Sudah beberapa tahun saya bekerjasama dengan idwebhost dan pelayanan yang diberikan sangat memuaskan. Karena dalam jasa layanan domain dan hosting, bukan cuma tentang teknologi yang ditawarkan, tapi juga tentang pelayanan yang harus memuaskan pelanggan.

Comments»

1. pakirul - February 20, 2011

a good posting

2. neng - March 2, 2011

lagi-lagi saya harus comment
“wowwwwwwwwwwwwwwwwwww”

-sambil angkat 20 jempol ,16 jempol lagi minjem punya bapa,mamah,dede vera sama dede moniq- 😀

3. Marvine - April 13, 2012

haloo?? salam kenal ya..
terimakasih 🙂

Psikologi UII


Leave a Reply

