jump to navigation

Andai Aku Menjadi Ketua KPK November 2, 2012

Posted by superwid in Konfrensi Pers.
Tags: , , , ,
trackback

Saya tidak akan mengubah apa yang sudah dilakukan KPK selama ini. Menurut saya, apa yang dilakukan KPK dalam memberantas korupsi sudah baik mengingat dukungan yang samar dari eksekutif dan legislatif.

Sayangnya, apa yang dilakukan KPK selama ini hanya menyasar pada buah hasil korupsi, belum menyasar pada akarnya: sistem. Sistem yang ada di Indonesia sebaiknya dibenahi untuk memberangus habis korupsi.

Saya akan mengadaptasi program yang digagas Anies Baswedan yakni Indonesia Mengajar. Mengumpulkan para fresh graduate dengan kualifikasi tertentu dari berbagai perguruan tinggi kemudian memberikan pendidikan moral dan kepemimpinan kepada mereka. Saya yakin masih banyak mahasiswa beridealis tinggi yang mempunyai semangat besar untuk membuat perubahan radikal di negeri ini. Bekerja sama dengan pemerintah, para agent of change ini akan ditempatkan di berbagai lembaga pemerintahan sesuai dengan mekanisme penerimaan pegawai yang ada. Setelah diterima, mereka akan bertugas melakukan perubahan dalam ruang lingkup yang kecil: lingkungan kerja. Memperbaiki sistem sekaligus mengajak untuk membuat perubahan. Memang tidak bisa instan, memang tidak bisa cepat; akan tetapi perubahan harus diusahakan bukan? Selanjutnya dari ruang-ruang kecil ini diharapkan sistem korupsi yang telah mengakar bisa dibabat perlahan-lahan.

Akhirnya, saya akan mengajukan usul pembubaran KPK setelah saya yakin akar sistem telah terganti dan buah-buah itu akan berjatuhan dengan sendirinya.

Lomba Blog KPK

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

