jump to navigation

X-Trail, SUV Jempolan Andalan Nissan March 29, 2016

Posted by superwid in Uncategorized.
Tags: , ,
trackback

Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik

Tentang Nissan
Kesuksesan Nissan dalam dunia otomotif sudah tidak diragukan lagi. Meskipun sempat terpuruk dan di ambang kebangkrutan pada akhir tahun 1999 namun Nissan mampu melakukan revolusi dan perbaikan secara menyeluruh hingga mulai kembali meraih keuntungan di tahun 2001. Selanjutnya adalah cerita kejayaan yang dihasilkan oleh perusahaan Jepang ini. Salah satu produk MPV (Multi Purpose Vehicle) terbaiknya, Nissan Grand Livina dinobatkan sebagai Car of The Year pada tahun 2007 menggeser dominasi produk tetangga.

Tentu saja Nissan tidak hanya bermain di kategori MPV saja. Nissan juga memiliki berbagai macam produk yang terkenal di kategorinya. Di kelompok mobil sport terdapat Nissan Skyline dan Nissan GT-R yang melegenda, di segmen mobil mewah diwakili oleh seri Mobil Infiniti, dan pastinya pasar SUV yang sudah lama dihiasi dengan keberhasilan Nissan X-Trail. Sejarah panjang dan nama besar Nissan X-Trail sebagai mobil SUV tangguh dan sporty terbaik sudah dimulai sejak tahun 2001.

Sekilas tentang Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik

Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik

Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik

Sport Unit Vehicle (SUV) sendiri adalah kendaraan penumpang yang memiliki kemampuan untuk mengangkut penumpang sekaligus barang dengan lincah. Mobil jenis ini biasanya mempunyai penggerak 4 roda (meskipun tidak menutup kemungkinan hanya berpenggerak 2 roda) dan dibekali mesin dengan kapasitas 2.000 cc atau lebih untuk menaklukkan medan off road. Selain itu, SUV biasanya memiliki ground clereance (jarak dari tanah) yang tinggi untuk melahap profil jalanan yang bergelombang.

Saat ini Nissan X-Trail merupakan produk generasi ketiga yang diproduksi mulai tahun 2013. Sejak debutnya di Frankfurt Motor Show 2013, SUV andalan keluaran pabrikan Nissan ini sekali lagi membuktikan diri menjadi mobil SUV tangguh dan sporty terbaik di kelasnya. Di Tiongkok, Nissan X-Trail meraih gelar Best City SUV, Car of The Year 2014 serta Smart Car Award. Di Inggris, Nissan X-Trail menjadi Readers Choice Award tahun 2014. Di Indonesia sendiri, Nissan X-Trail dianugerahi sebagai Indonesia Car of The Year Award yang diselenggarakan oleh Mobil Motor, Car of The Year pada acara Auto Bild Award dan sebagai Most Favourite Car pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Penghargaan-penghargaan ini memberi bukti kepada masyarakat Indonesia, bahwa Nissan X-Trail merupakan mobil yang tangguh dalam melahap jalanan Indonesia yang infrastrukturnya masih belum baik di beberapa daerah.

banner-2

Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik

Demi memenuhi keinginan pelanggan Nissan X-Trail, PT Nissan Motor Indonesia menawarkan tiga varian Nissan X-Trail yaitu 2.0 MT, 2.0 CVT dan 2.5 CVT dengan menghadirkan lima opsi warna mobil yang bisa dipilih yakni premium bronze metallic bagi penyuka tampilan stylish dan glamor, floral white untuk penyuka warna putih, phantom black untuk penyuka maskulin, smokey grey metallic untuk penyuka nuansa urban dan diamond silver metallic untuk pribadi yang kalem dan hangat.

pilihan-warna

Untuk membuktikan Nissan X-Trail mobil SUV tangguh dan sporty terbaik yang banyak diminati dan menjadi idola masyarakat, akan dibahas berbagai keunggulan mobil ini. Mulai dari desain, fitur dan kehandalannya.

Eksterior Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik
Nissan X-Trail meninggalkan desain lamanya yang cenderung kotak untuk mulai beralih menjadi lebih modern dan stylish dengan guratan-guratan otot yang semakin menambah sporty. Dengan dimensi yang bertambah besar, yakni lebih lebar 30 mm (1.820 mm), lebih tinggi 10 mm (1.710 mm) dan lebih panjang 10 mm (4.640 mm), Nissan X-Trail memberikan ruang lapang yang lebih lega. Ground clearance setinggi 210 mm dan jarak sumbu roda yang bertambah 75 mm membuat Nissan X-Trail menjadi mobil yang tangguh dan sporty terbaik di jenisnya.

Bumper depannya sengaja dibuat lebih gagah dan tajam dibandingkan pendahulunya dengan tetap membawa ciri khas Nissan, yakni bentuk grille berbentuk V. Sedikit cerukan di bagian bawah fog lamp menjanjikan aerodinamika yang lebih baik. Molding plastik di bumper depan, samping hingga belakang mobil menambah kesan sangar.

bumper-headlamp

Meninggalkan ciri khas pola bersudut pada generasi pertama, Nissan X-Trail terbaru ini terlihat lebih berkarakter dengan lekukan-lekukan streamline pada sisi sampingnya. Aksen chrome pada bezel (frame luar) kaca samping dan pegangan pintu memberikan sentuhan yang menawan. Roof rail didesain lebih sederhana untuk menambah kesan gagah. Khusus pada varian 2.5 CVT dibekali pula dengan side body moulding.

Detail-detail yang cantik dalam lekukan Nissan X-Trail seperti signature lamp with daylight LED model bumerang yang menyala cantik di siang hari menjadikan tampilan Nissan X-Trail menjadi futuristik dan sangat berkarakter. Rear lamp yang melebar ke sisi samping terpahat indah di antara bodi mobil dan pintu bagasi ditambahkan untuk menyempurnakan kesan sporty dan lebih mudah terlihat.

lamp

Nissan X-Trail ini dipercantik velg dengan jenis baling-baling yang memiliki ukuran 18 inci yang berbalut ban merk Dunlop Grandtrek berukuran 225/60 untuk varian 2.5 CVT dan velg yang memiliki ukuran lebih kecil yakni berukuran 17 inci berbalut ban dengan merk yang sama yakni Dunlop Grandtrek 225/65 untuk varian 2.0 M/T dan 2.0 CVT.

Interior Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik
Interior Nissan X-Trail menyuguhkan arsitektur yang jauh berbeda dari generasi Nissan X-Trail sebelumnya. Interiornya dirancang dengan cukup manis dan mewah dimana kursi pengemudi maupun penumpang depan sudah dilengkapi dengan pengaturan elektrik. Untuk varian 2.5 CVT jok terbuat dari kulit untuk menegaskan kesan mewah dan elegan sedangkan pada tipe 2.0 MT dan 2.0 CVT menggunakan bahan fabric lembut mirip beludru. Pada ruang antara kursi pengemudi dan penumpang depan terdapat tempat untuk menyimpan botol minuman yang dilengkapi oleh sirkulasi AC untuk mengatur suhu minuman yang diletakkan. Khusus kursi pengemudi, menggunakan teknologi zero gravity yang dirancang oleh NASA agar perjalanan jauh tidak terasa melelahkan bagi pengemudi

Kabin lapang pada Nissan X-Trail dengan tiga baris kursi yang dibuat dari material terbaik menyajikan petualangan dan kenyamanan bagi seluruh penumpang. Nissan X-Trail menyimpan keunggulan pada konfigurasi kursinya yang mampu menampung hingga tujuh penumpang dengan nyaman. Pada kursi tengah dilengkapi dengan fitur sliding untuk memudahkan pengguna dalam mengatur ruang bagi penumpang. Sandaran kursi tengah menganut model terpisah 60:40 dan memiliki sandaran kursi tengah yang dapat dilipat menjadi sebuah arm rest yang dilengkapi dengan dua buah cup holder.

Kursi Baris Kedua Nissan X-Trail

Kursi Baris Kedua dan Ketiga Nissan X-Trail

Pada bangku ketiga, untuk ukuran dewasa, headroom masih cukup lega akan tetapi legroom harus diatur dengan menggeser kursi tengah untuk mendapatkan kenyamanan. Sandaran kepalanya bisa diatur sedemikian rupa sampai enak dan pas di kepala. Untuk menunjang keamanan, seatbelt tersedia di semua kursi penumpang.

Ruang bagasi memberikan kapasitas hingga 135 liter yang bisa diperbesar dengan melipat kursi baris ketiga. Total kapasitas penyimpanan barang bisa mencapai 550 liter. Masih kurang? Lipat kursi tengah dan ruang bagasi akan rata dan sangat lega dengan kapasitas 1.982 liter. Kalau masih kurang lagi, tersedia sebuah ruang penyimpanan tersembunyi di belakang bangku baris ketiga (Under Tray Storage), yang berfungsi untuk menyimpan beberapa perlengkapan seperti toolkit dan yang lainnya. Di sini juga bisa disimpan ban cadangan apabila diperlukan.

Bagasi Nissan X-Trail

Bagasi Nissan X-Trail

Belum lagi desain dashboard yang dinamis dilengkapi beragam fitur hi-tech dan user friendly. Kombinasi bahan soft touch di bagian atas dashboard membuatnya tampil mewah dan menyenangkan ketika disentuh. Material ini juga akan ditemukan di door trim bagian atas. Layar LCD 5 inchi touchscreen dengan resolusi qVGA menjadi standar di seluruh varian dan sangat canggih karena sudah dilengkapi dengan bluetooth dan Around View Monitor.

Dashboard Nissan X-Trail

Dashboard Nissan X-Trail

Fitur Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik
Nissan X-Trail dibekali dengan berbagai fitur dengan teknologi terbaru sangat membantu dalam melakukan kontrol terhadap lajunya kendaraan. Pilihan-pilihan fitur yang disediakan ini bukan asal-asalan namun mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

fitur nissan x-trail
1. Audio switch dan cruise control memudahkan pengaturan sistem audio serta kebebasan berkendara. Semua tombol yang diperlukan untuk mengatur kenyamanan berkendara berada di panel setir sehingga tidak mengganggu konsentrasi berkendara.

2. Nissan X-Trail melengkapi ketangguhan dan kenyamanannya dengan fitur Active Ride Control yang akan memperlambat kendaraan dan bergerak lebih lembut ketika melewati polisi tidur, jalan rusak atau lubang dengan mengontrol torsi mesin dan pengereman untuk mengurangi guncangan. Active Engine Brake mengurangi kecepatan mobil secara halus (engine brake) saat pedal gas diangkat dan Active Trace Control membantu pengendalian saat menikung dengan mengatur pengereman secara individual pada masing-masing roda untuk memberikan pengendalian yang presisi. Untuk pengereman, Nissan X-Trail sudah dibekali dengan empat buah cakram di semua roda, teknologi Antilock Braking System, Electronic Brake Distribution dan Brake Assist.

3. Touchless back door pada tipe 2.0 CVT dan 2.5 CVT memberikan kemudahan untuk mengakses bagasi dengan menyentuh tombol di dashboard, Intelligent Key atau mengayunkan lengan di bawah sensor yang terletak di samping kamera belakang. Prosedur ini akan memicu bagasi untuk terbuka.

Touchless Back Door Nissan X-Trail

4. Pada tipe 2.0 CVT dan 2.5 CVT, Around View Monitor akan muncul ketika transmisi mundur (R) dimasukkan. Layar monitor dari kamera mundur tidak hanya menunjukkan kondisi di bagian belakang mobil saja, melainkan kondisi sekeliling mobil dengan sudut pandang dari atas. Fitur ini tentunya sangat mempermudah pengemudi saat parkir di area yang sempit. Terdapat empat kamera yang menunjang fitur ini, yakni di bagian logo Nissan yang terletak pada grille, spion kanan dan kiri serta satu kamera mundur. Nissan juga menyediakan sensor parkir yang akan memberikan indikator gambar dan suara di semua line up, sehingga tidak perlu khawatir untuk varian manual jika tidak mendapatkan Around View Monitor.

Around View Monitor Nissan X-Trail

5. Teknologi penerangan pada mobil ini sangat lengkap yang dibuktikan dengan adanya fungsi follow me home head lamp (fitur yang memberikan penerangan sementara sekitar 30-90 detik sehingga memberikan kemudahan bagi penumpan saat memasuki rumah setelah turun dari mobil) dan welcome light (fitur yang digunakan untuk memudahkan dalam memasuki kabin kendaraan dengan penerangan lampu pada kaca spion). Fog lamp membantu penglihatan saat jalanan berkabut dan terdapat sensor untuk mengaktifkan fitur on/off lampu di jalan yang minim penerangan.

6. Immobilizer key dan alarm sebagai fitur keamanan standar pada semua tipe Nissan X-Trail untuk mencegah aksi curanmor. Immobilizer key membuat kunci mobil tidak bisa diduplikat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Performa Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik
Untuk memenuhi kepuasan pelanggan, Nissan X-Trail menggunakan dua tipe mesin untuk dapur pacunya. Pilihan mesin ini masih sama dengan generasi pertamanya yakni mesin 1.997 cc (2.0 liter) dengan kode mesin MR20DD DCVTCS Direct Injection yang mampu menghasilkan tenaga hingga 144 PS di 6.000 Rpm dan torsi 20.4 Kgm di 4.400 Rpm. Efisiensi mesin 2.000 cc ini menurut pengetesan JC08 di Jepang dapat mencapai 15.6 hingga 16.4 Km/liter. Untuk tipe kedua yakni mesin 2.488 cc (2.5 liter) dengan kode mesin QR25DE bertenaga 171 PS di 6.000 Rpm dan torsi 23.9 Kgm pada 4.000 Rpm. Memang tenaganya sengaja sedikit dipangkas dari 180 PS menjadi 171 PS untuk menambah efisiensi bahan bakar. Konsumsi BBM tol Nissan X-Trail 2.5 CVT mampu menembus 16.5 Km/liter.

mt-vs-cvt

Nissan X-Trail terbaru memiliki pilihan transmisi enam percepatan manual pada varian mesin 2.000 cc dan transmisi CVT di varian mesin 2.000 cc dan 2.500 cc.

Dengan dapur pacu dan fitur yang telah disebutkan di atas, Nissan X-Trail memberikan pengalaman berkendara yang sangat memuaskan. Dengan adanya pengembangan transmisi CVT, membuat tarikan awal Nissan X-Trail terasa cukup kuat dan lincah sehingga nyaman digunakan untuk menyalip. Porsi redaman suspensi terasa pas dan pengendaliannya meningkat cukup signifikan karena dibantu dengan fitur kontrol kestabilan seperti Vehicle Dynamic Control dan Active Trace Control.

vdc

Sistem kemudinya ringan sehingga memudahkan dalam memarkir kendaraan namun berubah menjadi lebih berat ketika kecepatan bertambah untuk memberikan kontrol yang lebih aman. Tidak lupa sebagai fitur keselamatan ditanam pula dual SRS airbags.

Ketangguhan dan keamanan Nissan X-Trail dibuktikan dengan kesuksesannya mencetak angka tertinggi pada tes kecelakaan yang dilakukan Euro NCAP. Total, Nissan X-Trail mendapatkan rating bintang lima sebagai skor maksimal pengujian. Nissan X-Trail mempu melindungi penumpang dewasa sampai 86%, penumpang anak-anak 83%, pejalan kaki 75% saat mengalami tabrakan dari depan. Safety Assist yang dimiliki mencatat skor 75%. SUV terbaru dari Nissan ini meraih skor 8.0 pada efek tabrak samping dan 7.9 pada efek tabrak samping dengan pola yang berbeda. Hal ini sekali lagi membuktikan Nissan X-Trail Mobil SUV tangguh dan sporty terbaik.

Kesimpulan
PT Nissan Motor Indonesia menggarap varian X-Trail generasi ketiga ini dengan sangat serius untuk semakin menasbihkan Nissan X-Trail sebagai mobil SUV terbaik di Indonesia. Mobil ini di samping tangguh dan sporty juga value for money dibandingkan SUV lain di kelasnya. Jadi tunggu apa lagi untuk memiliki SUV tangguh dan sporty terbaik sekaligus dengan teknologi tercanggih ini?

rear-lamp-nissan

***

Nissan X-Trail Hybrid Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik

nissan-xtrail-hybrid

Mengikuti perkembangan jaman, Nissan turut menghadirkan versi hybrid dari SUV Nissan X-Trail. Indonesia menjadi negara kedua di Asia yang meluncurkan varian ini setelah sebelumnya sukses diluncurkan di Jepang pada April 2015. Perbedaan utama tipe ini dengan tipe sebelumnya tentu saja mode hybridnya yang mengusung dua jenis mesin yakni mesin bahan bakar minyak dan motor listrik. SUV ini menjadi pertama di kelasnya yang memakai teknologi satu motor dengan dua kopling. Sistem ini menggerakkan roda sekaligus menghasilkan listrik dengan satu motor. Sistem ini dilengkapi inovasi kopling ganda yang memisahkan kerja motor dengan mesin. Melaju dengan kecepatan tinggi dan mengisi tenaga listrik pun dapat dilakukan pada mode EV (electric vehicle). Alhasil, konsumsi bahan bakar mobil ini bisa seirit 20.2 Km/liter berikut emisi NOx dan NMHC (non-methane hydrocarbon) 75% lebih rendah dari standar emisi tahun 2005 sehingga layak diberikan sertifikat SU-LEV (super-ultra-low-emission-vehicle).

Dari segi eksterior, Nissan X-Trail Hybrid memiliki perbedaan pada front extremer kit, fog lamp, undercover samping dan belakang. Di interiornya, jok baris ketiga absen untuk memberikan ruang bagi baterai lithium-ion dan motor listrik. Tipe Nissan X-Trail ini sangat mengedepankan efisiensi dan lebih ramah lingkungan karena konsumsi bahan bakarnya yang irit. Tingkat kesenyapan kabin juga sangat tinggi karena halusnya kerja mesin dan motor listriknya tanpa mengurangi fitur standar yang ditanamkan pada versi non hybrid.

***

Infiniti qx80

Infiniti qx80

PT. Nissan Motor Indonesia selaku produsen mobil bermerek NISSAN menghadirkan juga kendaraan model luxury yaitu INFINITI. Mobil Infiniti menawarkan berbagai kemewahan, kenyamanan, teknologi tinggi dan fitur terlengkap yang akan memanjakan Anda.

NB : Foto dan gambar diambil dari Facebook Page Nissan, Website Nissan dan Brosur Nissan X-Trail.

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: